Bisnis & Keuangan

4 Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas Antam

Harga emas Antam menjadi patokan para pelaku investasi emas. Hal ini karena PT Aneka Tambang Terbuka atau Antam merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi logam mulia terbaik. Bahkan logam mulia yang diproduksi Antam tidak mudah untuk dipalsukan. Sehingga sangat minim resiko penipuan.

Tapi sebenarnya, apa yang melatarbelakangi orang-orang untuk melakukan investasi emas? Mengapa harga emas Antam jauh lebih mahal dibandingkan dengan emas di toko lainnya? Bagaimana cara membeli emas Antam? Simak penjelasan lengkapnya di artikel bawah ini.

Apa itu Emas Antam?

empat-faktor-yang-mempengaruhi-harga-emas-antam

Seperti yang disebutkan di atas, harga emas Antam menjadi patokan para pelaku investasi emas. Tapi sebenarnya, apa itu emas Antam? Sudahkah Anda memahaminya?

Dilansir dari laman kompas.com, emas Antam adalah emas murni yang dikeluarkan oleh PT Aneka Tambang Terbuka (Antam). Emas yang diproduksi merupakan emas asli 24 karat yang cukup populer di kalangan pelaku investasi.

Tidak hanya itu, emas yang dikeluarkan oleh Antam pun dijamin keasliannya. Pihak Antam memberikan sertifikasi yang menyatakan bahwa emas batangan yang dibeli adalah emas murni tanpa campuran lainnya. Tentu hal ini menjadi salah satu kelebihan yang memberi angin segar.

Sebab sampai saat ini masih banyak emas palsu yang dijual dan tidak sedikit pembeli yang tertipu. Malah jadi rugi. Ketika niat hati ingin membeli emas untuk investasi, eh ternyata malah kena tipu.

Tahukah Anda bahwa, emas Antam memiliki harga yang cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya? Hebatnya lagi, meskipun negara sedang mengalami inflasi, harga emas Antam masih bisa bertahan di harga terbaiknya.

Tidak heran jika banyak orang yang memilih membeli emas Antam untuk dijadikan investasi jangka panjang. Bahkan jangka waktunya bisa lebih dari lima tahun.

BACA JUGA: 10+ Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal dan Tanpa Utang

Mengapa Harga Emas Antam Lebih Mahal?

empat-faktor-yang-mempengaruhi-harga-emas-antam
Ilustrasi Harga Emas Antam by kompas.tv

Pasti Anda bertanya-tanya, mengapa harga emas Antam jauh lebih mahal dibandingkan dengan emas yang dijual di toko-toko lain. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor.

Faktor pertama adalah karena emas yang diproduksi Antam bisa mempertahankan harganya meskipun terjadi inflasi negara. Bahkan harga emas Antam selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Kedua, ketika Anda membeli emas di Antam, Anda akan mendapatkan sertifikat keaslian. Didalamnya terdapat informasi mengenai kadar kemurnian, ukuran produk, nomor seri, dan juga berat dari logam mulia murni tersebut.

Hal ketiga yang menyebabkan harga emas Antam lebih mahal adalah karena memiliki standar internasional. Salah satu lembaga internasional yang mengakui kemurnian emas Antam adalah LBMA atau London Bullion Market Association. LBMA menyebutkan bahwa emas Antam memiliki kadar kemurnian hingga 99,99%.

Lalu yang keempat adalah emas Antam dapat diperjual belikan di pasar nasional dan internasional. LBMA juga memberikan akreditasi untuk logam mulia murni ini. Jadi ketika Anda kekurangan uang saat berada di luar negeri, Anda bisa menjual emas Antam ini.

Cara Membeli Emas Antam

Setelah mengetahui harga emas Antam yang selalu mengalami kenaikan, apakah Anda tergoda untuk membelinya? Mungkin sebagian dari Anda merasa ragu karena harga jual yang tinggi dengan jumlah uang yang Anda miliki tidak sebanding.

Tenang saja, menurut laman tribunnews.com, waktu terbaik untuk membeli emas adalah awal tahun. Biasanya di bulan Januari, Maret, awal April, pertengahan Juni hingga awal Juli, menjadi waktu terbaik untuk membeli emas.

Meskipun harga ini cenderung tidak mengalami penurunan, Anda bisa membelinya di harga terbaik. Jadi, jangan sampai melewatkan kesempatan ini, ya!

Berikut beberapa cara membeli emas Antam yang bisa Anda lakukan. Di antaranya adalah:

Melalui Website Resmi

Anda bisa langsung membeli emas Antam melalui website resmi Logam Mulia. Caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu membuat akun, lalu memilih pilihan emas yang diinginkan, dan terakhir melakukan pembayaran sesuai dengan harga yang tertera.

Pembayarannya pun sangat mudah. Anda bisa menggunakan virtual account. Selain itu, ada banyak pilihan emas murni. Mulai dari 0,5 gram hingga 1000 gram, emas Batik Series, dan Gift Series.

Melalui Pegadaian

Cara kedua adalah dengan membelinya melalui Pegadaian. Hanya saja ada beberapa cara untuk membelinya. Seperti menitip emas dimana pihak pembeli bisa membeli emas dari pihak lain dan menitipkannya di Pegadaian.

Lalu ada tabungan emas, dimana dana yang ditabung akan dikonversikan dalam jumlah emas. Sehingga Anda bisa mendapatkan atau menjualnya kembali di harga tertinggi.

Ada juga yang dibeli dengan cara mencicil. Anda perlu membayar DP sekitar 20-30%, kemudian pilih jangka waktu cicilan yang diinginkan. Nah setelah dilunaskan, Anda bisa mengambil emas tersebut dalam jangka waktu 7-14 hari.

Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Saat ini, e-commerce atau belanja online sudah menjadi salah satu gaya hidup masyarakat. Nah Anda juga bisa membelinya melalui aplikasi e-commerce atau aplikasi investasi yang Anda miliki di ponsel.

Hal yang perlu diingat adalah kredibilitas penjual. Artinya, Anda harus memastikan bahwa aplikasi tersebut sudah diawasi dan disetujui oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Jadi, jangan tergiur dengan harga emas Antam yang terlihat murah namun ternyata emas palsu.

Melalui WhatsApp

Cara terakhir adalah melalui WhatsApp. Tidak banyak orang yang tahu tentang cara ini. Pada dasarnya, cara ini bisa mempermudah transaksi pembelian emas di butik Antam terdekat.

Dengan kata lain, cara ini sebenarnya sama dengan membeli melalui website resmi. Hanya saja semua transaksinya dilakukan melalui WhatsApp.

Ketika Anda sudah melakukan pembayaran atas harga emas Antam yang disetujui, maka produk bisa diambil dalam jangka waktu tujuh hari. Jika Anda belum mengambilnya, maka pihak Antam bisa melakukan pembelian kembali emas murni tersebut.

BACA JUGA: Menjadi Agen Properti: Peluang Usaha Modal Minim Untung Menjanjikan

Kesimpulan

Emas memang menjadi salah satu investasi jangka panjang yang menguntungkan. Mengingat harga emas Antam terus mengalami kenaikan, tidak ada salahnya untuk mulai membelinya.

Jika tidak bisa langsung dalam kadar besar, Anda bisa membelinya dengan kadar yang kecil lebih dulu. Sedikit demi sedikit nanti hasilnya akan menjadi bukit. Terlebih ketika harganya sedang berada di puncaknya. Tentu menjadi hal yang menguntungkan, bukan?

Itulah ringkasan dan penjelasan mengenai emas antam, dan beberapa cara membelinya yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Hi, Iā€™m admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *